select your language

Banner

Search in This Blog

Wednesday, May 2, 2012

Lima Hal Menarik dari Windows 8


Salah satu hal yang menarik dari dunia komputer di Tahun 2012 ini adalah rencana Microsoft untuk meluncurkan Windows 8. Ada baiknya kita sedikit  kenal beberapa hal menarik dari Windows 8 berikut ini :

Ribbon UI
Kontroversi Ribbon UI masih menjadi perdebatan hingga saat ini untuk dibawa ke dalam Windows 8 atau tidak. Ribbon (pita) itu sendiri adalah satu set toolbar yang ditempatkan di tab bar pada tampilan Microsoft Office. Meski ada beberapa pengguna yang kurang setuju dengan penerapan ribbon tersebut, tapi ada juga yang menganggap bahwa ribbon ini justru lebih memudahkan pengguna Microsoft Office karena lebih fleksibel.
Memang perlu juga disadari bahwa traditional drop-down menu’s pada Microsoft Office 2003 lebih familiar sehingga mudah untuk digunkan. Nah, menurut beberapa sumber Ribbon UI ini juga masih akan hadir dalam Windows 8.

Internet Explorer 10
Microsoft sepertinya tidak beristirahat setelah peluncuran Internet Explorer 9 (IE9). Ya, Windows 8 dikabarkan akan dilengkapi dengan generasi browser paling anyar yakni Internet Explorer 10 (IE10). Seperti diketahui,  IE9 hanya tersedia untuk operating system (OS) seperti Windows Vista dan Windows 7. Begitupun dengan IE10, hanya PC atau notebook dengan perangkat keras dan perangkat lunak paling baru yang bisa merasakan pengalaman menggunakan browser tersebut.

Windows Store
Microsoft sepertinya meminjam halaman dari rival mereka seperti Apple dan Ubuntu dengan menciptakan pasar software online. Nah, Windows Store itu sendiri akan berfungsi sebagai outlet dimana kita bisa memperoleh/membeli aplikasi yang dikembangkan untuk Windows 8. Kabarnya, dengan Windows Store ini, Microsoft akan meningkatkan kualitas dari aplikasi yang ditawarkan dan mengurangi potensi bug dan malware.

OS yang Tersedia Pada Thumb Drive
Salah satu fitur favorit yang akan dibawa Windows 8 sejauh ini adalah kemampuannya untuk menyimpan seluruh bootable Windows 8 OS pada USB thumb drive. Dengan begitu, kita bisa “mengambil” seluruh lingkungan Windows 8 dalam USB dan melakukan boot up jika hardware PC bermasalah.

Tablets
Kabar baik bahwa Windows 8 ternyata tidak hanya dikembangkan untuk PC dan notebook, melainkan juga untuk Tablet. Sebagaimana yang kita ketahui, selama ini Tablet belum pernah terjamah oleh Microsoft. Windows 8 akan datang dalam dua varian yang juga bisa beroperasi untuk mikroprosesor ARM tablet, smartphone, dan perangkat lainnya.

Fitur Blok
Windows 8 dikabarkan menganut fitur blok/ubin yang bisa dipindahkan di sekitar layar atau diklik langsung untuk masuk ke dalam aplikasi. Blok itu sendiri akan ter-update secara real time, sehingga kita dapat melihat apakah ada email baru yang masuk, atau ada notification dari Facebook.


Sumber :

0 komentar:

Post a Comment